Standar ISO 27001 merupakan standar internasional yang berisi tentang informasi dasar mengenai manajemen keamanan informasi. Perusahaan diberi persyaratan untuk membangun, menerapkan, memelihara, dan selalu meningkatkan sistem manajemen keamanan infomasi. Selain itu, persyaratan untuk penilaian serta perawatan risiko keamanan informasi disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Lantas, apa saja manfaat ISO 27001?

Manfaat Penerapan ISO 27001

  1. Memperkuat Struktur Organisasi

Dengan diterapkannya ISO 27001, secara otomatis struktur organisasi di perusahaan kamu akan semakin kuat. Karena dapat menentukan segala garis koordinasi, mulai dari siapa yang akan bertanggung jawab atas aset informasi, siapa yang akan membuat sebuah keputusan, dan siapa yang memiliki tanggung jawab atas akses ke informasi.

Dengan adanya sertifikasi ISO 27001, perusahaan kamu juga telah menunjukkan tata kelola yang baik dalam penanganan informasi. Perusahaan akan dianggap telah sesuai dengan peraturan hukum dan undang-undang yang berlaku. Salah satu contohnya yaitu Permen Kominfo No. 4 Tahun 2016 yang berisikan tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.

  1. Menjaga Privasi dan Integritas

Privasi dan intergrasitas perusahaan merupakan prioritas yang harus dijaga. Salah satu manfaat dari ISO 27001 yaitu dapat memastikan manajemen keamanan informasi yang efetif serta dapat mengurangi terjadinya kebocoran data. Karena pada standar ISO 27001 akan mengatur terkait penyimpanan data, sehingga privasi dan integrasi perusahaan akan tetap terjaga.

  1. Menekan Pengeluaran Perusahaan

ISO 27001 memiliki filosofi utama yaitu mencegah terjadinya insiden keamanan. Karena setiap insiden baik besar maupun kecil membutuhkan biaya penanganan. Berdasarkan penelitian, kebocoran data tidak hanya mempengaruhi reputasi perusahaan saja, tetapi juga finansial. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan mengimplementasikan ISO 27001.

Selain itu, penerapkan ISO 27001 membuktikan bahwa perusahaan kamu telah siap untuk mencegah terjadinya insiden keamanan yang dapat mengeluarkan biaya tersebut. Sehingga, perusahaan kamu akan menghemat banyak uang. Perlu diketahui juga bahwa biaya investasi ISO 27001 lebih kecil dibandingkan dengan penghematan yang diraih oleh perusahaan.

  1. Menempertahankan Konsumen

Manfaat selanjutnya adalah dapat mempertahankan konsumen. Suatu perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO 27001 akan menjadi poin lebih dibandingkan dengan perusahaan yang tidak memilikinya. Karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Tidak hanya bisa mempertahaankan konsumen namun perusaan juga dapat menemukan klien baru.

  1. Semakin Kompetitif

Standar ISO 27001 dapat menjadi nilai tambah bagi suatu perusahaan. Karena dapat memberikan pengaruh positif pada citra perusahaan dan memberikan presepsi yang baik bagi perusahaan dari pihak lain. Selain itu, perusahaan juga mempunyai titik pembeda yang unik di antara para pesaing serta kredibilitas perusahaan akan meningkat.

  1. Menyusun Strategi yang Lebih Baik

Manfaat ISO 27001 yaitu perusahaan dapat menyusun strategi baik. Perusahaan harus terus mempersiapkan diri dengan pengetahuan baru untuk dapat melindungi data mereka, karena teknologi akan terus mengalami perkembangan. Ketika perusahaan tumbuh dengan cepat, maka tidak akan memiliki banyak waktu untuk berhenti dan mendefinisikan prosedur yang berlaku.

Hal itu dapat menyebabkan konsekuensi yaitu staf menjadi tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Dengan penerapan ISO 27001 di suatu perusahaan, seluruh staf akan mempunyai pedoman dalam menyusun dokumentasi yang lebih baik. Sehingga ketika terjadi insiden keamanan informasi, perusahaan bisa melakukan evaluasi risiko yang mungkin terjadi.

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh suatu perusahaan jika menerapkan ISO 27001. Selain manfaat tersebut, perusahaan juga dapat bertukar informasi dengan aman serta betukar informasi dengan aman. Dan pastinya akan membantu dalam menjaga informasi tetap aman.

 

Tags: