Yuk, Intip Sederet Cara Efektif Memahami dan Menggunakan Idioms dalam Konteks Ini!

Istilah idiom mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, apalagi bagi yang tengah belajar Bahasa Inggris. Lalu, apakah idiom itu? Dikutip dari berbagai sumber, idiom dapat disamakan dengan rangkaian kata yang memiliki makna kiasan. Yuk, intip cara efektif memahami dan menggunakan idioms dalam konteks berikut ini!

Apa Itu Idiom?

Dikutip dari berbagai sumber, idiom merujuk pada satu rangkaian kata, yang jika diartikan secara harfiah akan memiliki makna yang berbeda. Yang artinya, idiom ini memiliki makna kiasan, fungsinya untuk menjelaskan suatu kejadian atau kondisi. Dalam Bahasa Inggris, sangat sering ditemui idiom, baik itu dalam tulisan maupun percakapan.

Banyak orang mengatakan bahwa belajar idiom itu sulit, sama halnya jika orang belajar grammar dari awal. Namun, yang perlu diperhatikan di sini adalah, idiom bisa dianggap sama dengan vocabulary ataupun phrasal verbs. Yang kunci utamanya adalah dengan memahami dan tahu bagaimana cara menggunakannya. Yuk, simak cara efektif belajar idiom di bawah ini!

Bagaimana Cara Efektif Memahami dan Menggunakan Idiom?

  1. Memahami Konteksnya

Kesalahan paling utama dalam belajar idiom adalah anggapan harus menghafalkannya. Faktanya, idiom dalam Bahasa Inggris jumlahnya mencapai ribuan. Tidak mungkin kamu akan menghafal semua idiom tersebut secara bersamaan. Alih-alih menghafal, hal yang bisa dilakukan adalah memahami idiom sesuai dengan konteks.

Maksudnya adalah memahami konteks dari setiap idiom. Mengingat bahwa idiom diselipkan di antara kata yang lain, maka jelas idiom harus sesuai dengan konteks dari rangkaian kata-kata tersebut. Yang nantinya akan menjadi sebuah kalimat yang bermakna jelas. Sehingga, perlu tahu  cara efektif memahami dan menggunakan idioms dalam konteks.

  1. Jangan Menghafal Semua Idiom

Masih terkait dengan anggapan bahwa belajar idiom harus dengan menghafal, aturan penting di sini adalah jangan menghafal semuanya. Idiom memang perlu dipahami dan dihafal, jika dirasa akan sering digunakan. Namun, tidak semua idiom harus dihafalkan. Terlebih ada ribuan idiom yang ada, tidak mungkin semuanya akan digunakan satu per satu.

Bahkan jika belajar di kelas speaking online sekalipun, idiom yang digunakan mungkin hanya beberapa saja. Yang tentu konteks dan maknanya berhubungan dengan aktivitas atau kejadian sehari-hari. Untuk itu, jangan menghafal semuanya. Hal tersebut justru akan menambah beban belajar, karena harus menghafalkan idiom yang jumlahnya tidak sedikit.

  1. Rajin Mencatat Idiom

Cara efektif untuk belajar idiom adalah dengan rajin mencatat. Dimana dari catatan tersebut kamu bisa memahami dan menghafalkan idiom yang diperlukan. Saat membaca teks, cerita, atau bahkan menonton film, pasti akan ada beberapa idiom yang terselip di dalamnya. Saat menemukan idiom, lebih baik jika langsung dicatat.

Kemudian catatan tersebut dipelajari nantinya. Dari penemuan idiom di kehidupan sehari-hari tersebut, kamu akan mengetahui kira-kira idiom apa saja yang banyak digunakan. Sangat efektif bukan? Makanya, teknik mencatat dan memahami seperti ini masuk ke dalam cara efektif memahami dan menggunakan idioms dalam konteks, terutama dalam Bahasa Inggris.

  1. Mencari Banyak Referensi Idiom

Semakin banyak referensi idiom yang kamu ketahui, maka akan semakin bagus. Untuk itu, apa yang harus dilakukan? Benar, mencari banyak referensi. Dimana referensi idiom bisa didapatkan dari mana saja. Misalkan, bisa dengan membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau bahkan saat melakukan percakapan dengan orang lain.

Terkadang akan muncul idiom dalam kalimat yang disampaikan, yang tentunya sesuai dengan konteks bahasan. Mencari idiom dalam kalimat sebenarnya tidak sulit, karena biasanya idiom menggunakan kata yang memiliki makna jauh dari makna sebenarnya. Yang jika dilihat sekilas tanpa mengerti maknanya, akan terlihat tidak selaras dengan kalimatnya.

  1. Belajar Menggunakan Idiom

Ketika dirasa sudah memahami suatu idiom, lebih baik untuk belajar menggunakannya secara langsung. Sisipkan idiom tersebut dalam percakapan atau tulisanmu, maka akan membuat idiom tersebut semakin menempel di otak. Lakukan hal tersebut terus-menerus, karena salah satu kunci belajar idiom adalah konsistensi.

Tidak hanya konsisten dalam mencari dan memahami idiom saja, namun juga konsisten untuk belajar menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, jika kamu sudah memiliki partner belajar yang tepat. Kamu bisa mempraktekkan idiom langsung dalam percakapan bersama partner tersebut termasuk ke dalam cara efektif memahami dan menggunakan idioms dalam konteks.

Contoh Idiom yang Banyak Ditemui dalam Bahasa Inggris

Dari deretan idiom Bahasa Inggris yang ada, sudah pasti terdapat beberapa idioms yang umum digunakan oleh orang-orang. Biasanya, idiom semacam itu yang memiliki makna berhubungan dengan aktivitas atau kejadian sehari-hari. Sehingga konteks penggunaan idiom tersebut pun juga sesuai. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Raining cats and dogs (hujan yang sangat deras)

e.g. It’s raining cats and dogs, so we can’t go out (saat ini sedang hujan yang sangat deras, sehingga kita tidak bisa pergi keluar)

  • Silver spoon (sendok perak, mengindikasikan kekayaan)

e.g. She was born with a silver spoon in her mouth (dia lahir dari keluarga yang kaya)

  • Midas touch (menghasilkan uang dengan mudah)

e.g. Mark is definitely a midas touch (Mark benar-benar definisi menghasilkan uang dengan mudah)

  • A breath of fresh air (hal baru yang diharapkan berdampak positif)

e.g. The new head officer should bring a breath of fresh air (kepala karyawan yang baru seharusnya membawa hal baru yang berdampak positif)

  • Man of his words (laki-laki yang memegang janjinya)

e.g. I’m a man of his words (aku adalah laki-laki yang memegang janjinya)

  • Cheapskate (orang yang pelit)

e.g. Elvin is famous as a cheapskate (Elvin terkenal sebagai orang yang pelit)

  • A piece of cake (hal yang mudah dilakukan)

e.g. Niana said this dance choreography was a piece of cake (Niana bilang bahwa koreografi tarian ini mudah dilakukan)

  • Judge a book by its cover (jangan menilai sesuatu dari luarnya)

e.g. I shouldn’t judge a book by its cover, she looks bad but actually she is a kind person (aku seharusnya tidak menilai orang dari luarnya, dia terlihat jahat tapi aslinya dia orang yang baik)

  • Break a leg (semoga beruntung)

e.g. Break a leg, you will do a great job! (semoga beruntung, kamu akan mengerjakan yang terbaik!)

  • Feel under the weather (tidak enak badan)

e.g. Danielle feels under the weather, so she don’t go to school (Danielle merasa tidak enak badan, sehingga dia tidak pergi ke sekolah)

Itulah rangkuman singkat tentang pengertian, cara efektif memahami dan menggunakan idioms dalam konteks Bahasa Inggris dan contoh penggunaannya yang benar. Mengingat bahwa idiom semacam ini sangat sering ditemui, alangkah lebih baik untuk memulai belajar dan mencari idiom mulai dari sekarang.

Ikuti beberapa cara efektif untuk belajar idiom Bahasa Inggris yang sudah disebutkan di atas. Ingat, bahwa kunci belajar idiom adalah pemahaman dan konsistensi belajar, serta praktik terus-menerus. Maka lama-kelamaan akan memiliki pengetahuan idiom yang luas dan mahir menggunakannya, baik dalam tulisan maupun lisan.